Perlukah Toko Online Mengoptimasikan Lokasi

perlukah toko online mengoptimalkan lokasiPerlukah toko online mengoptimasikan lokasi? Loh kenapa tiba-tiba menanyakan pertanyaan itu? Begini ceritanya, beberapa hari lalu saya mendapatkan pertanyaan dari salah seorang teman yang memiliki toko online. Pertanyaannya kurang lebih begini: Target pasar saya seluruh Indonesia, apa perlu toko online saya mengoptimasikan kata kunci lokasi? Jika anda menjadi saya kira-kira jawaban seperti apa yang akan anda berikan? Singkat cerita saya menjawab dengan tegas bahwa toko online yang melayani seluruh bumi pun perlu mengoptimasikan kata kunci lokasi terutama untuk wilayah lokal. Sebelum protes, baca dulu tulisan  ini sampai habis. Saya akan memberikan beberapa alasan yang akan membuka mata dan hati anda, wahai para pemilik toko online.

Alasan mengapa toko online perlu mengoptimasi kata kunci lokasi saya rangkum dalam beberapa poin berikut:

 

#1 Persaingan Global Toko Online Itu Kejam

Produk apa yang anda jual? Katakanlah sepatu anak-anak. Cobalah untuk melakukan pencarian di Google dengan produk anda tersebut dan lihatlah ada berapa total hasil pencarian di sana. Sambil menulis saya juga sudah mencobanya dan mendapati bahwa hasil pencarian untuk kata kunci sepatu anak-anak berjumlah 11.500.000. Wew, lihatlah bahwa itu adalah saingan anda semua. Mereka juga para pebisnis online, pertanyaannya adalah ada di mana informasi bisnis anda ketika ada calon pelanggan yang mencari produk yang anda jual di Google?

Yup, persaingan global toko online itu kejam, Kawan! Anda harus bersaing dengan jutaan pengusaha lain di dunia. Jadi jauhkanlah pikiran bahwa mendatangkan keuntungan dari toko online itu semudah menghirup udara di pagi hari. Bukankah toko online besar seperti amazon, bestbuy, ataupun bhinneka tidak menjadi seperti sekarang dengan cara yang instan? Ada usaha dan kerja keras di balik kesuksesan mereka. Apakah mereka langsung melayani pemasaran global? Ketahuilah juga bahwa mereka dikenal di wilayahnya masing-masing terlebih dahulu sebelum pada akhirnya mampu dikenal oleh anda.

Jadi mulailah dari lokasi anda berada. Jika basis anda ada di Yogyakarta, ya buat dulu bisnis anda dikenal baik di sana. Satu hal yang penting, memulai dari wilayah lokal itu bisa mengurangi saingan. Mau bukti? sekarang coba cari di Google kata kunci “Sepatu Anak-anak di Yogyakarta”. Ternyata hanya ada 1.920.000 hasil pencarian saja. Sebelum berpikir untuk mendatangkan pelanggan dari luar wilayah pastikan dulu ketika orang mencari sepatu anak-anak di Yogyakarta yang keluar adalah bisnis anda. Visi harus global, tapi mulailah dari yang lokal.

 

#2 Pelanggan pun Suka yang Dekat

Katakanlah anda sudah menjadi nomor 1 di Google. Setiap ada yang mencari dengan kata kunci sepatu anak-anak yang muncul di halaman pertama adalah toko online anda. Sayangnya kebanyakan pelanggan itu lebih suka yang dekat sekalipun mereka tahu bahwa toko online anda melayani pemesanan ke seluruh Indonesia. Mengapa? Ada banyak faktor yang mempengaruhinya tapi saya akan menyebutkan 2 faktor yang paling populer saja. Pertama adalah masalah ongkos kirim, anda di Yogya dan ada pelanggan di Aceh tentu mereka harus membayar lebih mahal jika memesan dari anda karena faktor ongkos kirim. Masalah ini sebetulnya selesai jika anda memberikan layanan GRATIS antar ke seluruh Indonesia. Sayangnya melakukan itu akan mendatangkan masalah baru yaitu kerugian finansial. Kedua adalah sifat konsumen di Indonesia yang menghargai interaksi sosial. Kebanyakan pelanggan di Indonesia suka mengobrol, berinteraksi, bertanya, dan lebih cenderung menyukai penjual yang berada di dekatnya. Pelanggan di Aceh tentu akan menganggap anda sebagai orang asing karena berada di Yogyakarta. Minimnya interaksi sosial dengan anda bisa menjadi penghambat transaksi. Masalah pada poin kedua ini dapat diselesaikan jika anda sudah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Dan cara membangun kepercayaan pelanggan yang baik dimulai dari wilayah lokal. Jikalau pun ada pelanggan di Aceh yang membeli dari anda, kemungkinan besar itu karena memang produk yang mereka cari tidak ada di wilayah mereka. Hehe..

 

#3 Optimasi Lokasi Itu Efektif Mendatangkan Uang

Dalam ranah dunia maya menjadi nomor satu di Indonesia belum tentu menjadi nomor 1 pula di wilayah lokal. Coba anda lakukan pencarian di Google dengan kata kunci sepatu anak-anak di Indonesia. Lalu bandingkan hasil pencariannya dengan kata kunci sepatu anak-anak di Yogyakarta. Samakah toko online yang menjualnya? Rasanya tidak. Di dunia maya, pengunjung toko online sangat tergantung dari hasil pencarian Google. Menjadi yang terbaik untuk kata kunci global belum tentu yang terbaik pula di wilayah lokal. Bayangkan jika ada warga Yogyakarta yang melakukan pencarian Sepatu Anak-anak di Yogyakarta dan yang keluar bukan kontak anda. Padahal pelanggan lokal adalah aset yang berharga karena lebih mudah dilayani dan lebih mudah untuk membangun kepercayaan.

Dengan perilaku konsumen di Indonesia seperti yang dijelaskan pada nomor 2, optimasi lokasi akan efektif mendatangkan uang untuk toko online anda. Pelanggan di Aceh akan mencari dengan kata kunci Aceh, begitupun pelanggan di kota lain. Tanpa mengoptimasikan lokasi jangan harap anda bisa mendatangkan pelanggan dari luar Yogyakarta. Jadi optimasikan lokasi yang menjadi target pasar Anda. Jika anda sanggup melayani wilayah aceh ya tunjukan bahwa ketika pelanggan mencari Sepatu anak di Aceh yang keluar adalah informasi toko online anda.

Apa kesimpulan yang didapat? Buatlah target lokasi toko online secara bertahap jangan terlalu umum seperti Indonesia. Semakin detil semakin baik. Lalu optimasikan kata kunci lokasi yang menjadi target pasar tersebut. Jika toko online anda memang sanggup melayani penjualan ke Aceh, ya tidak masalah anda mengoptimasi kata kunci sepatu anak-anak di aceh dengan teknik SEO.

Baca juga artikel 30 Hal Penting Dalam Membuat Toko Online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>